Cat epoxy lantai

Cat epoxy lantai adalah cat pelapis yang mempunyai banyak manfaat sehingga sangat pas jika dijasikan salah satu solusi dalam mengatasi masalah lantai bangunan gedung. Tetapi yang perlu diingat agar mendapatkan hasil lapisan cat epoxy terbaik harus dilakukan persiapan yang matang. Sering kali bagi yang sedang membangun perkantoran ataupun industri akan mengalami kebingungan untuk menentukan jenis lantai yang nantinya akan digunakan pada bangunan tersebut. Pelapisan lantai menggunakan cat epoxy adalah salah satu yang disarankan agar lantai terlihat lebih menarik dan juga menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan lantai yang dilapisi keramik.

Oleh karena manfaatnya yang banyak, maka perlu diketahui 8 hal dasar tentang cat epoxy:

Permukaan lantai adalah komponen yang terpenting

Sebelum dilakukan pengecatan epoxy, yang terpenting adalah adanya persiapan pada permukaan lantai terutama. Hal ini dikarenakan jika dalam persiapan lantai dilakukan dengan tidak baik, maka hasil yang akan diperoleh juga tidak baik atau yang lebih parah adalah gagal. Sering kali hasil yang kurang baik ini penyebab salah satunya adalah penguapan sehingga menimbulkan daya rekat yang bisa menjadi berkurang. Sehingga proses persiapan memang harus benar-benar diperhatikan dengan baik dan benar agar bertujuan mengurangi atau meminimalisiri resiko kerusakan yang bisa terjadi dan hasil yang diperoleh bisa maksimal. Selain itu juga ketika saat masih ditemukan noda atau tidak dilakukan pembersihan secara maksimal maka penggunaan epoxy menjad tidak berjalan dengan sempurna.

Paham perbedaan epoxy flooring dan epoxy coating

Hal terpenting sebelum melakukan pelapisan cat epoxy adalah harus memahami perbedaan baik epoxy flooring maupun epoxy coating. Meskipun terlihat sama namun yang paling membedakan adalah ukuran tebal lapisan cat yang digunakan. Misalnya, jika ketebalan menyentuh angka 2 milimeter, maka dapat disebut dengan epoxy lantai atau epoxy flooring. Namun jika ketebalan kurang dari 2 milimeter maka disebut dengan epoxy coating atau pelapisan epoxy biasaja saja. Sehingga sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa epoxy lantai, harus diketahui terlebih dahulu mana yang akan menjadi kebutuhan.

Proses pelapisan cat epoxy lantai dapat dilakukan diberbagai macam bidang yang keras

Seringkali, cat epoxy diterapkan pada berbagai jenis material misalnya baja, beton, keramik, vinyl dan lainnya. Itu karena sifatnya yang kuat sehingga dapat digunakan dalam segala macam bidang yang kuat dan juga keras

Lebih kuat dan lebih fleksibel

Menggunakan cat epoxy yang fleksibel pada lantai akan dapat menghasilkan lapisan yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan menggunakan cat epoxy yang kaku. Cat epoxy yang fleksibel juga mempunyai kekuatan dan juga ketahanan terhadap abrasi.

Menggunakan cat epoxy lantai dapat memperindah lantai

Jika epoxy diterapkan pada lantai industri, yang paling dicari adalah kekuatan dan juga ketahannya. Tetapi pada cat epoxy tidak hanya tentang kekuatan dan juga ketahanan yang diperhitungkan tetapi juga dapat digunakan untuk memperindah lantai jika diterapkan di perumahan, perkantoran dan juga banyak tempat yang membutuhkan nilai estetika. Apalagi cat epoxy juga dapat digabungkan dengan bermacam jenis warna dan beberapa efek yang ada. Saat ini, penerapan cat epoxy juga dapat memberikan efek 3D sehingga hasilkan akan terlihat lebih realistik pada lantai. Contohnya dengan memberikan gambar laut, pasir, pepohonan, pattern, dan gambar lain sesuai dengan keinginan.

Dapat diaplikasikan untuk outdoor

Pengaplikasian cat epody tidak hanya dilakukan di indoor saja tetapi juga bisa diterapkan di outdoor. Nyatanya, cat epoxy memang dapat digabungkan dengan material outdoor lainnya. Sebagai contoh kerikil yang jika diaplikasikan akan dapat membuat permukaan luar dari sebuah rumah menjadi sedikit lebih awet dan juga dapat bertahan lama.

Harus waspada terhadap sinar matahari atau UV

Bagian lantai yang dilapisi menggunakan cat epoxy jika terkena sinar matahari maka dapat berakibat menguningnya bagian dalam lapisan tersebut. Namun, jika sinar matahari tidak dapat dihindari, maka dapat dicoba dengan menggunakan cat epoxy yang mempunyai shade gelap atau dapat juga menggunakan lapisan cat yang dapat bertahan terhadap sinar matahari.

Mencampurkan cat epoxy dengan produk lain

Sebenarnya, pengaplikasian cat epoxy juga dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan atau mencampurkan produk lain seperti kuarsa yang dapat memberikan hasil yang lebih menarik dan juga maksimal. Untuk pemilihan produk juga harus dilakukan dengan teliti, tidak hanya untuk cat epoxynya saja tetapi juga material yang digunakan untuk campurannya. Untuk mengurangi hal-hal yang bisa saja terjadi seperti kualitas cat epoxy yang ternyata buruk dan tidak mempunyai daya rekat maupun daya tahan yang cukup kuat.

Epoxy lantai sebenarnya membutuhkan waktu selama 18 sampai 24 jam agar dapat aman dilalui trafik dan membutuhkan waktu selama 30 hari agar cat epoxy dapat mengeras secara sempurna. Dalam pengeringan yang dilakukan yang membutuhkan waktu yang lama dan juga menghindari munculnya kerusakan, maka suhu yang dipasang di lokasi pengecatan epoxy adalah di atas 15 derajar celcius atau dapat juga menggunakan hairdryer yang dapat menghangatkan epoxy sebelum mencampur atau dapat menghangatkan cat epoxy lantai setelah dioleskan pada lantai. Atau bisa juga menghangatkan permukaan yang memang digunakan untuk pelapisan cat epoxy.

Nah, diatas adalah 8 hal mendasar yang wajib diketahui mengenai cat epoxy. Sehingga jika menginginkan hasil yang maksimal terhadap pelapisan cat epoxy yang efektif dan juga maksimal, memang harus memperhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan diatas. Dengan memperhatikan hal tersebut nantinya cat epoxy yang sudah diterapkan juga akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk informasi lebih lengkap seputar epoxy lantai dan harga epoxy lantai silahkan konsultasikan dengan aplikator epoxy lantai kami di telp atau whatsapp 0857 1705 2009.

Share This Post
Chat Via Whatsapp