Cara Aplikasi Cat Epoxy Lantai di Permukaan Keramik

Epoxy adalah lapisan zat yang kuat yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Ini sering digunakan sebagai perekat dan juga digunakan untuk menutupi lantai, dalam hal ini sering disebut Polyurethane. JIka Anda menggunakan lapisan ini di lantai keramik, manfaatnya tidak hanya menyegelnya dari kerusakan yang disebabkan oleh air, tetapi juga mencegah goresan. Lantai keramik sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air dan ubin yang rusak, sehingga lapisan epoxy pada lantai yang dapat mencegah kerusakan jenis ini menjadi investasi yang bermanfaat. Lapisan cat epoxy sering diterapkan pada keramik karena waktu perawatan yang tahan lama dari lantai, tetapi cat lantai ini harus dilakukan agar anda tidak perlu khawatir tentang perbaikan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menutupi lantai keramik Anda dan tetap mempertahankan keindahan lantai keramik.

Tahap 1 : Persipan awal Lantai keramik, Bersihkan Lantai!!

Pembersihan Keramik

Preparation awal melalui pembersihan lantai sangat dibutuhkan

Keramik atau ubin ditutupi dengan kelembutan yang mencegah sesuatu melewati permukaan. Jika Anda ingin menerapkan lapisan cat epoxy, Anda harus menyelesaikannya ke titik di mana Anda dapat menerima lapisan tersebut. Jadi pertama-tama, sapu lantai, lalu bersihkan dengan sabun dan air dan biarkan kering. Setelah lantai bersih, Anda bisa menyiramnya untuk memberi tekstur sehingga epoxy menempel. Tempatkan amplas grit 60 pada mesin polisher atau hand grinder dan mulailah mengampelas keramik atau ubin. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori dari keramik agar cat dapat menempel dengan sempurna. Hati-hati jangan sampai pasir sisa dari pengamplasan terlalu banyak karena Anda sama sekali tidak ingin merusak akhir. Bila Anda telah menyelesaikan tugas ini, bersihkan dengan mop atau lebih baik menggunakan vacum cleaner untuk mengeluarkan debu.

Tahap 2 : Priming ( Menerapkan epoxy primer )

Epoxy Primer

Tahap untuk aplikasi Primer guna menyegel permukaan Lantai

Mengapa menggunakan epoxy primer pada saat aplikasi di keramik?

Epoxy primer yang bening memungkinkan lapisan epoxy menempel ke lantai tanpa merusak warna keramik atau ubin. Jika Anda ingin mengganti warna keramik atau ubin, gunakan primer putih yang memungkinkan Anda mengecat pada lapisan cat lantai. Mulailah di salah satu sudut, dan oleskan pelapis epoxy primer di atas seluruh lantai. Penting untuk mengikuti desain keramik serta primer grout. Biarkan primernya sembuh (curing)  selama sehari.

Tahap 3 : Terapkan epoxy lantai grouting (opsional)

Epoxy Grouting

Menambal nat keramik dengan epoxy grouting

Mengapa menggunakan epoxy grout ?

walaupun sudah diterapkan primer sebelumnya ada tahap selanjutnya pada saat menerapkan cat epoxy lantai pada lantai keramik yaitu epoxy grouting , tujuannya adalah untuk menutup nat keramik atau ubin sebelumnya sehingga permukaan lanatai akan menjadi flat atau disesuakian dengan permukaan keramik. Tahapan ini sebenarnya bersifat opsional sesuai kebutuhan Anda, memang ada beberapa orang yang menginginkan epoxy hanya untuk melapisi dan membuat tampilan keramik semakin mengkilap adapula yang menginginkan pergantian keramik atau ubin menjadi sepenuhnya ditutup epoxy tanpa membuka keramik yang lama. Kembali pada topik epoxy grouting, epoxy ini merupakan campuran antara talk dengan epoxy dan harderner dengan kata lain fungsinya seperti compound pada cat tembok yang berguna untuk menutupi permukaan yang tidak rata.

Tahap 4 : Tambahkan Cat Epoxy Lantai (opsional)

Seperti yang dibahas dalam tahap 3 tadi bahwa ada beberapa keinginan yang berbeda dalam menerapkan pelapis epoxy  di keramik. Jika ingin mengubah warna lantai maka oleskan lapisan cat epoxy di atas primer. Bekerja seperti yang Anda lakukan dengan primer untuk menutupi keseluruhan permukaan. Anda ingin tiga lapisan cat, jadi jangan khawatir jika yang pertama tidak menutupi ubin sepenuhnya. Biarkan setiap lapisan mengering sebelum mengoleskan yang lain.

Tahap 5 : Finishing epoxy lantai dengan coating

Finishing akhir

Finishing akhir Epoxy pada lantai dengan cara coating

Akhirnya, saatnya finishing epoxy. Mulailah di sudut yang sama seperti yang Anda lakukan sebelumnya, dan kerjakan perlahan menggunakan kuas atau roll sehingga Anda terhindar dari goresan. Biarkan lapisan atas mengering, lalu sanding dengan amplas grit 220. Usap ke bawah dengan kain bersih sebelum Anda menerapkan coating lain. Bila sudah selesai, Anda akan memiliki empat sampai enam kali coating secara keseluruhan. Jangan menggosok lantai, dan tunggu satu atau dua hari sebelum berjalan di atasnya untuk memastikan Anda tidak merusak hasil akhirnya.

Share This Post
Chat Via Whatsapp